Logo Bloomberg Technoz

Alexander Marwata Bantah Pernah Minta SYL Bikin Proyek di Klaten

Muhammad Fikri
20 June 2024 06:00

Wakil Ketua KPK Alexander Marwata memberikan keterangan pers di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (13/10/2023) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata memberikan keterangan pers di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (13/10/2023) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata membantah pernah berkomunikasi secara pribadi dengan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan pejabat kementerian pertanian (Kementan) lainnya. Hal ini termasuk informasi tentang dugaan Alexander meminta SYL membuat proyek kementerian pertanian di wilayah Klaten.

“Saya tidak pernah mempunyai dan menyimpan nomor hape Mentan, atau pejabat Kementan [Kementerian Pertanian] yang saat ini sedang berperkara/disidangkan di pengadilan tipikor” kata Alex melalui pesan tertulis kepada Bloomberg Technoz, Rabu (19/6/2024).

Dia juga mengatakan, sudah melakukan klarifikasi kepada Dewan Pengawas atau Dewas KPK tentang beredarnya kabar komunikasi melalui aplikasi percakapan dirinya dengan SYL. Hasilnya, Dewas KPK pun sepakat tak ada bukti konkret orang yang menghubungi SYL adalah Alexander Marwata.

“Saya sudah diklarifikasi Dewas, dan sejauh ini tidak ada bukti saya berkomunikasi dengan Mentan atau pejabat Kementan yang sedang berperkara," ujar Alexander.

Dia pun menunjukkan tangkapan layar komunikasi atau chatting SYL dengan seseorang yang mengklaim sebagai Alexander Marwata. Menurut dia, nomor ponsel yang digunakan tak sesuai dengan nomor pribadinya. Selain itu, dia menduga pelaku menggunakan foto dirinya yang tersebar di internet sebagai foto profile aplikasi komunikasi tersebut.