Logo Bloomberg Technoz

India Dilanda Banjir-Longsor-Gelombang Panas, 11 Orang Tewas

Redaksi
19 June 2024 20:50

Gelombang Panas di India (Dok. Bloomberg)
Gelombang Panas di India (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - India menghadapi cuaca ekstrem yang menyebabkan gelombang panas yang parah, tanah longsor dan banjir. Bencana ini menewaskan sedikitnya 11 orang, di antaranya seorang wanita dan tiga putrinya yang terkubur hidup-hidup di sebuah negara bagian di bagian timur laut.

Ibu kota, New Delhi, mengalami malam terpanas dalam enam tahun terakhir pada Selasa (18/6/2024). Rumah sakit-rumah sakit di kota berpenduduk 20 juta jiwa itu melaporkan sedikitnya lima orang meninggal akibat sengatan panas minggu ini, kata surat kabar Times of India.

Melansir Reuters, Rabu (19/6/2024), banjir dan tanah longsor yang dipicu oleh hujan yang tak henti-hentinya di negara bagian Assam di bagian timur laut India menewaskan sedikitnya enam orang pada Selasa malam.

"Tanah longsor mengubur hidup-hidup seorang wanita dan tiga anak perempuannya," kata seorang pejabat penanggulangan bencana negara bagian, Siju Das, melalui sambungan telepon.

"Rumah mereka berada di lereng, dan mereka meninggal di tempat sekitar tengah malam," katanya, seraya menambahkan bahwa mayat-mayat tersebut diambil setelah operasi pencarian selama tiga jam oleh tim penyelamat.