Logo Bloomberg Technoz

SYL Disebut Sempat Arahkan Pegawai Kementan yang Diperiksa KPK

Muhammad Fikri
19 June 2024 20:20

Dugaan Korupsi SYL; Duit Kementan untuk Gaji ART hingga Sewa Jet (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Dugaan Korupsi SYL; Duit Kementan untuk Gaji ART hingga Sewa Jet (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) sempat memberikan arahan kepada sejumlah pegawai Kementerian Pertanian (Kementan) yang diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada awal kasus dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi di lembaga tersebut 2020-2023. Hal ini diungkap Sekretaris Jenderal Kementan non aktif, Kasdi Subagyono saat menjadi saksi di Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta.

SYL disebut meminta Kasdi dan Direktur Jenderal Alat Mesin Pertanian Kementan non aktif Muhammad Hatta memberikan arahan kepada pegawai Kementan. Intinya, SYL ingin para pegawai Kementan hanya menjawab pertanyaan penyidik secara umum atau normatif.

“Pak sekjen sampaikan kepada teman-teman [pegawai Kementan yang diperiksa KPK] untuk disampaikan normatif saja, tidak perlu detail” kata Kasdi menirukan instruksi SYL di PN Tipikor Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Meski demikian, dia membantah dirinya atau pun SYL mencoba untuk menghalangi penyidikan atau melakukan obstruction of justice. Dia mengklaim, bersikap sangat kooperatif terhadap penyidikan KPK. Salah satu buktinya, dia menyerahkan semua dokumen yang diminta penyidik, termasuk catatan pengeluaran anggaran yang di dalamnya berkaitan dengan kebutuhan pribadi SYL.

"Sudah terus terang. Dan juga, akhirnya seluruh dokumen yang diminta juga [diserahkan]. Ini kan tanda bukti," ujar Kasdi.