Logo Bloomberg Technoz

Gugus Tugas Hadir Oktober, Behani Sengkarut Holding BUMN Farmasi

Sultan Ibnu Affan
19 June 2024 18:20

Menteri BUMN Erick Thohir ( Dok Sekretariat Kabinet )
Menteri BUMN Erick Thohir ( Dok Sekretariat Kabinet )

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah membentuk tim gugus tugas (taskforce) guna memulihkan perusahaan farmasi pelat merah yang kini diterpa kerugian dan skandal fraud.

Direktur Utama PT Biofarma (Persero) Shadiq Akasya mengatakan, pembentukan tim gugus tugas tersebut dilakukan guna percepatan pemulihan keadaan finansial dan operasional di Biofarma Grup.

"Kementerian BUMN selaku pemegang saham telah membentuk tim taskforce yang dipimpin oleh Menteri BUMN [Erick Thohir] dan Wakil Menteri BUMN [Kartika Wiroatmodjo]," ujar Shadiq dalam  rapat dengar pendapat bersama Komisi VI DPR, Rabu (19/6/2024).

Shadiq mengatakan bahwa tim  tersebut telah dibentuk sejak Oktober 2023 lalu. Terbagi menjadi dua klaster, yakni upaya restrukturisasi keuangan dan  reorientasi bisnis dalam rangka pembenahan lini bisnis.

Klaster pertama, lanjutnya, tim fokus melakukan penataan kembali struktur kredit jangka pendek dan panjang dan juga penjadwalan kembali angsuran yang jatuh tempo.