Logo Bloomberg Technoz

"Thailand bisa mendapatkan dorongan terbesar mengingat pendapatannya yang besar dari penerimaan pengunjung asing."

Hal ini mendorong beberapa perusahaan konsumen untuk berekspansi. CP All PCL, yang mengoperasikan gerai-gerai 7-Eleven di Thailand, berencana untuk membuka sekitar 700 gerai baru di negara ini dan akan berekspansi lebih jauh lagi di Kamboja dan Laos.

Demikian pula, PT Map Boga Adiperkasa--yang mengoperasikan Starbucks di Indonesia--seharusnya mendapatkan keuntungan dari ledakan perjalanan, kata ekonom dan kepala riset Mirae Asset Sekuritas Indonesia Rully Wisnubroto di Jakarta pada 4 Juni.

Singapura pada awal tahun ini meningkatkan citranya dengan menjadi satu-satunya negara Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah konser Eras Tour Taylor Swift, yang membuat beberapa negara lain di kawasan ini merasa terganggu.

Swiftmania membuat para ekonom menaikkan perkiraan pertumbuhan kota ini, dan mendorong biaya kartu kredit United Overseas Bank Ltd ke rekor tertinggi, sementara Las Vegas Sands Corp merencanakan lebih banyak ruang untuk hiburan langsung untuk melengkapi resor kasino di kota ini.

"Hiburan adalah bagian yang sangat penting," kata Chief Executive Officer Las Vegas Sands, Rob Goldstein, dalam sebuah konferensi investor pada akhir Mei lalu. "Kami mengusulkan untuk membangun bagian yang sangat besar dari hal itu di gedung baru kami di Singapura."

Fitch mengatakan lonjakan kunjungan keluar dari Tiongkok telah mendukung pemulihan pariwisata regional, meskipun Fitch memperingatkan bahwa para pelancong tersebut menunjukkan pengekangan pengeluaran.

Ada juga risiko-risiko lain terhadap pemulihan pariwisata, kata Fitch, termasuk kenaikan harga tiket pesawat dan harga energi, serta ketegangan geopolitik yang meningkat.

Guncangan global atau kemerosotan ekonomi, terutama di China, dapat mengurangi permintaan untuk perjalanan dan pengeluaran, kata Fitch.

"Selain itu, dampak perubahan iklim menghadirkan tantangan bagi beberapa negara di Asia Pasifik yang lebih bergantung pada pariwisata berbasis alam dalam waktu dekat, misalnya akibat pemutihan karang, banjir di pesisir pantai, badai yang lebih sering terjadi, dan peristiwa cuaca ekstrem lainnya."

(bbn)

No more pages