Logo Bloomberg Technoz

Fitch: Pariwisata Asia Akan Kembali Meningkat pada 2025

News
19 June 2024 19:10

Industri Pariwisata Bali (Sumber: Bloomberg)
Industri Pariwisata Bali (Sumber: Bloomberg)

Justina T Lee dan Pathom Sangwongwanich - Bloomberg News

Bloomberg, Asia berada di jalur yang tepat untuk mencapai tingkat pariwisata sebelum pandemi pada paruh pertama tahun depan, menurut Fitch Ratings. Alasannya ialah mata uang yang lebih lemah, upaya pemerintah untuk memikat pengunjung, dan lonjakan perjalanan keluar dari China.

Kawasan Asia dan Pasifik mengalami pemulihan yang lebih lambat dari pandemi dibandingkan kawasan lain di dunia, kata perusahaan pemeringkat tersebut dalam sebuah laporan. Data menunjukkan bahwa Timur Tengah, Afrika, Eropa, dan Amerika telah melampaui atau berada di jalur yang tepat untuk melampaui kunjungan wisatawan sebelum pandemi COVID-19 pada paruh pertama tahun ini.

Thailand minggu ini mengatakan bahwa kunjungan wisatawan asing melonjak 37% menjadi 16,2 juta pada tahun ini hingga 16 Juni, dengan 3,2 juta pengunjung dari China. Baik perusahaan maupun analis mengatakan bahwa rebound dalam perjalanan akan membantu keuntungan dan ekonomi regional, terutama di tujuan wisata di Asia Tenggara.

"Lonjakan pengunjung dari luar negeri yang diharapkan tahun ini dapat mendorong pertumbuhan dua kali lipat, tidak hanya untuk industri pariwisata Asia Tenggara, tetapi juga untuk ekonomi yang lebih luas," analis Bloomberg Intelligence, Sufianti, mengatakan dalam sebuah catatan pada 28 Mei.