Logo Bloomberg Technoz

Pada bulan Februari tahun ini, YouTuber Marques Brownlee membuat video berjudul "This is the Worst Car I’ve Ever Reviewed" (Ini adalah Mobil Terburuk yang Pernah Saya Ulas) yang merangkum serangkaian masalah yang dia alami saat meminjam Ocean dari dealer di New Jersey. Video tersebut telah ditonton lebih dari 5,7 juta kali.

Fisker Senin lalu mengajukan kebangkrutan usai keputusan menghentikan produksi Ocean SUV, model satu-satunya yang kerap mengalami kerusakan. Fisker mencatatkan aset antara US$500 juta—US$1 miliar, dan liabilitas US$100 juta—US$500 juta. Pengajuan ini melindungi Fisker dari kreditur saat mereka menyusun rencana untuk melunasi utang.

Fisker hadir saat pandemi melanda melalui gelombang perusahaan cangkang (special purpose acquisition companies/SPAC). Bergabung dengan SPAC yang disponsori oleh Apollo Global Management Inc membuat Fisker mengantongi sekitar US$1 miliar dan membantu perusahaan tersebut mencapai kesepakatan dengan anak perusahaan Magna International Inc, yang memproduksi kendaraan untuk perusahaan seperti Toyota, BMW, dan Mercedes-Benz.

Fisker adalah perusahaan mobil listrik kedua yang didirikan Henrik Fisker - perancang terkenal mobil sport BMW dan Aston Martin - yang berakhir dengan kebangkrutan.

Usaha sebelumnya, Fisker Automotive, mengajukan perlindungan Bab 11 pada tahun 2013 setelah serangkaian penarikan kembali yang menyebabkan jatuhnya pemasok baterainya, yang juga merupakan penerima pinjaman dari Departemen Energi AS.

- Dengan asistensi Jonathan Randles dan Craig Trudell.

(bbn)

No more pages