Logo Bloomberg Technoz

Startup EV Fisker Bangkrut Disebabkan oleh Kesalahannya Sendiri

News
19 June 2024 18:50

Mobil listrik produksi Fisker. (Dok: Bloomberg)
Mobil listrik produksi Fisker. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menjadi perusahaan publik lewat pencatatan saham perdana (IPO) pada 2020 namun baru memulai produksi November dua tahun lalu. Fitur mobil listrik dari Fisker Inc juga dinilai kalah, termasuk tidak adanya teknologi paling dasar, cruise control.

Kebangkrutan perusahaan yang berbasis di California ini terjadi saat produsen kendaraan listrik berjuang untuk beradaptasi dengan penjualan yang melambat di AS dan sebagian besar Eropa.

Peneliti BloombergNEF minggu lalu mengurangi proyeksi penjualan kendaraan listrik baterainya hingga 2026, dengan alasan ekspektasi peralihan yang lebih lambat dari mesin pembakaran internal di pasar utama termasuk AS, Jerman, dan Inggris.

Mobil produksi pertama perusahaan, model sport utility vehicle (SUV) Fisker Ocean. Fisker berjanji kepada pelanggan bahwa mereka akan menerapkan kemampuan yang telah dijanjikan melalui pembaruan perangkat software over-the-air pada tahun berikutnya.

Dalam lanjutan operasi ditemukan bug sehingga produksi tertunda berbulan-bulan. Fisker kerap kali merevisi target mereka dalam pengumuman kepada publik.