Logo Bloomberg Technoz

Kim Jong Un Janji Dukung Putin di Perang Ukraina Tanpa Syarat

News
19 June 2024 18:40

Vladimir Putin dan Kim Jong Un (Sumber: Bloomberg)
Vladimir Putin dan Kim Jong Un (Sumber: Bloomberg)

Soo-Hyang Choi - Bloomberg News

Bloomberg, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjanji untuk "mendukung tanpa syarat" Rusia dalam invasinya ke Ukraina. Hal ini disampaikan Kim Jong Un dalam pembicaraan dengan Presiden Vladimir Putin di Pyongyang yang menekankan pada mempererat hubungan di tengah kekhawatiran Amerika Serikat (AS) mengenai suplai senjata ke Kremlin.

Kedua pemimpin mengatakan bahwa hubungan mereka menuju ke tingkat yang lebih tinggi ketika mereka bertemu pada Rabu (19/6/2024) untuk memulai diskusi formal dalam kunjungan pertama pemimpin Rusia ke Korea Utara dalam 24 tahun terakhir.

Kim Jong Un mengatakan Rusia memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan strategis di dunia, sementara Putin mengatakan dia berharap Kim Jong Un akan mengunjunginya di Moskow.

Pertemuan Presiden Korea Utara Kim Jong Un dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Fotografer: Andrey Rudakov/Bloomberg

"Hari ini kami telah menyiapkan dokumen fundamental baru yang akan menjadi dasar hubungan kita untuk jangka panjang," kata Putin kepada Kim Jong Un. "Kami sangat menghargai dukungan Anda yang konsisten dan tak tergoyahkan untuk kebijakan Rusia, termasuk dalam hal Ukraina."