Logo Bloomberg Technoz

Usung Anies, PKS Minta Jatah Cawagub di Pilkada DKI Jakarta

Mis Fransiska Dewi
19 June 2024 17:40

Ilustrasi Artikel Anies Baswedan (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Artikel Anies Baswedan (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengklaim berpotensi besar kembali mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur (cagub) pada Pilkada DKI Jakarta 2024. Hal ini disampaikan meski partai tersebut memiliki tawaran menggiurkan dari koalisi Indonesia Maju untuk ikut mengusung eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan imbalan jatah calon wakil gubernur atau cawagub.

Meski demikian, PKS ternyata tetap ingin mendapatkan kursi cawagub meski ikut mengusung Anies. Menurut mereka, Anies bukanlah kader PKS yang bisa saja menjadi representasi dari partai politik lain di koalisi tersebut.

PKS berhak mendapat kursi wagub karena merasa menjadi partai politik dengan suara tertinggi pada Pileg 2024 tingkat provinsi. "PKS kan pemenang [di Pileg Jakarta]. Ya, wajar kalau PKS, kader PKS, umpamanya bisa jadi wakil. Itu wajar," kata Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini di Kompleks Parlemen, Rabu (19/6/2024).

Selain itu, menurut dia, PKS memiliki banyak kader yang punya rekam jejak mentereng dan basis suara yang kuat. Dia pun menyebut sejumlah nama potensi yang siap menjadi cagub atau pun cawagub pada Pilkada DKI Jakarta.

"Ada Pak Mardani Ali Sera [anggota DPR], artinya dia bisa nomor 1, bisa jadi nomor 2, kan gitu," kata Jazuli.