Logo Bloomberg Technoz

Pecah Suara Anies, Koalisi Prabowo Bantah Tawari Cawagub ke PKS

Mis Fransiska Dewi
19 June 2024 15:40

Ilustrasi Artikel Anies dan Ridwan Kamil (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Artikel Anies dan Ridwan Kamil (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Koalisi Indonesia Maju, pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024, membantah telah merayu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk bergabung pada Pilkada DKI Jakarta. Mereka juga menepis kabar PKS dijanjikan posisi calon wakil gubernur (cawagub) jika mau ikut mengusung cagub Ridwan Kamil.

Padahal, PKS adalah satu dari beberapa partai politik yang dikabarkan akan mengusung kembali Anies Baswedan menjadi cagub pada Pilkada mendatang. Hengkangnya PKS berpotensi menggembosi motor utama Anies di DKI Jakarta.

"Belum sampai itu [janji cawagub]. Tapi ada pembicaraan untuk terus merangkul partai-partai, tak hanya PKS, termasuk PDIP. Kami siap berkolaborasi," kata Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya di DPR, Rabu (19/06/2024).

Menurut dia, koalisi Prabowo berupaya menggandeng semakin banyak partai politik bukan untuk menumbangkan sejumlah tokoh dalam kontestasi politik di daerah. Koalisi hanya ingin memastikan pemerintahan Prabowo-Gibran memiliki kekuatan politik yang lebih solid dan kuat selama lima tahun ke depan.

Riefky juga menilai, Partai Demokrat dan koalisi Prabowo lainnya tak khawatir dengan rencana majunya Anies Baswedan sebagai cagub pada Pilkada DKI Jakarta. Termasuk potensi bersatunya lagi kekuatan suara dan massa Anies-PKS di wilayah tersebut.