Logo Bloomberg Technoz

RI Punya 5 Proyek Hidrogen-Amonia, Kapasitas 1,4 Juta Ton/Tahun

Dovana Hasiana
19 June 2024 15:50

Green hydrogen atau hidrogen hijau PLN./dok. Kementerian ESDM
Green hydrogen atau hidrogen hijau PLN./dok. Kementerian ESDM

Bloomberg Technoz, Jakarta Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melaporkan Indonesia setidaknya memiliki 5 proyek untuk memproduksi hidrogen dan amonia bersih yang saat ini tengah dikembangkan.

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Jodi Mahardi mengatakan proyek tersebut dikembangkan oleh PT Pertamina (Persero) dengan kapasitas produksi hidrogen dan amonia bersih mencapai 1,4 kilo tonnes per annum (ktpa).

"Lima proyek hidrogen bersih yang saat ini sedang dikembangkan, memanfaatkan potensi terbarukan dan juga kapasitas penyimpanan karbon," ujar Jodi di agenda Indonesia International Hydrogen Summit di Jakarta Pusat, Rabu (19/6/2024).

Pembangkit hidrogen hijau PLN./dok. PLN

Pertama, Batam Bintan Green Hydrogen Cluster. Proyek ini memiliki kapasitas yang direncanakan sebesar 25—100 ktpa yang ditargetkan bakal beroperasi komersial atau commercial on date (COD) pada kuartal I-2027.

Kedua, Sumatra Clean Hydrogen Cluster. Proyek ini memiliki kapasitas yang direncanakan sebesar 25—100 ktpa dan bakal COD pada kuartal I-2027.