Logo Bloomberg Technoz

Perkiraan ini muncul ketika Inggris bersiap-siap untuk pemilihan umum dalam waktu lebih dari dua minggu di mana Partai Buruh yang beroposisi, mengadvokasi pajak lebih tinggi untuk orang kaya, memiliki keunggulan sekitar 20 poin dari Partai Konservatif yang berkuasa.

Peningkatan baru-baru ini dalam kepergian penduduk ultra-kaya Inggris adalah percepatan tren yang dimulai sekitar waktu Brexit. Dari 2017 hingga tahun lalu, negara ini kehilangan 16.500 jutawan karena migrasi, menurut laporan tersebut. 

Eksodus ini merupakan pembalikan bagi negara yang selama beberapa dekade menjadi magnet bagi keluarga-keluarga kaya dari Eropa, Asia, Afrika, dan Timur Tengah, sebagian besar berbondong-bondong pindah ke London. 

Lebih dari 7% jutawan yang diproyeksikan akan pindah ke luar negeri tahun ini akan meninggalkan Inggris, menurut laporan tersebut.

Hal ini mencerminkan “akumulasi faktor” yang membuat negara ini kurang menarik bagi orang kaya, termasuk Brexit, krisis energi dari perang di Ukraina dan kenaikan inflasi, kata Hannah White, Chief Executive Officer (CEO) Institute for Government di London.

Ilustrasi Inggris.

“Arus dana keluar dari individu-individu dengan kekayaan bersih tinggi, yang telah dihasilkan oleh konteks ekonomi dan politik sekarang dipercepat oleh keputusan-keputusan kebijakan menjelang pemilihan umum,” tulisnya dalam sebuah analisis yang menyertai laporan Henley.

Tujuan Utama

Partai Konservatif dan Partai Buruh telah berjanji untuk menghapus perlakuan pajak istimewa bagi penduduk yang tidak berdomisili—orang asing kaya yang tinggal di Inggris, yang juga dikenal sebagai non-domisili. Pemimpin Partai Buruh Keir Starmer memiliki rencana tambahan untuk mengenakan pajak bagi orang kaya.

Meskipun Starmer menggambarkan dirinya sebagai seorang “sosialis”, ia berjanji untuk menjadikan Partai Buruh sebagai “partai pencipta kesejahteraan”. Dia dan calon menteri keuangannya, Rachel Reeves, mengatakan bahwa mereka tidak memiliki rencana mengenakan pajak tambahan atas kekayaan dan keuntungan modal.

Tujuan utama para jutawan adalah Uni Emirat Arab (UAE), yang akan menarik 6.700 orang kaya tahun ini. UAE telah lama menjadi favorit orang-orang kaya dari India dan Timur Tengah, negara ini menyambut ribuan orang Rusia setelah perang Ukraina. 

Hanya sekitar 1.000 jutawan diproyeksikan akan meninggalkan Rusia di 2024, kurang dari setengah jumlah yang pergi tahun lalu dan turun dari 8.500 orang di 2022.

Meskipun masuknya orang Rusia ke UEA telah melambat pada tahun lalu, hal itu sebagian diimbangi oleh jumlah yang lebih besar dari orang Eropa dan Inggris untuk pindah, menurut laporan tersebut.

Total jutawan yang tinggal di kota terbesar di UEA, Dubai, telah meningkat 78% selama satu dekade terakhir, kata Henley.

Dengan pajak nol untuk pendapatan pribadi, zona waktu yang nyaman untuk berbagai benua dan bandara kelas dunia, UEA telah melakukan upaya bersama menarik orang-orang kaya.

Baik Abu Dhabi maupun Dubai telah menciptakan pasar keuangan untuk menarik perusahaan global dan kantor keluarga untuk membuka usaha. 

Amerika Serikat (AS) adalah negara dengan proyeksi pendatang jutawan terbesar kedua, yaitu 3.800 orang, diikuti oleh Singapura dengan 3.500 orang yang diperkirakan akan datang.

(bbn)

No more pages