Logo Bloomberg Technoz

Nilai Ekspor RI ke Semua Negara Tujuan Naik, Termasuk China

Azura Yumna Ramadani Purnama
19 June 2024 15:10

Ilustrasi ekspor impor China (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi ekspor impor China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan ekspor nonmigas Indonesia pada Mei 2024 meningkat ke seluruh negara tujuan ekspor utama. Selain itu, China tercatat masih menjadi negara tujuan utama ekspor RI pada bulan ini.

Deputi Bidang Statistik Produksi BPS M Habibullah melaporkan bahwa ekspor nonmigas Indonesia menuju China tercatat naik menjadi US$4,73 miliar, dari yang bulan sebelumnya US$4,28 miliar atau naik 10,59% (month-on-month/mom).

Berdasarkan data paparannya, China menjadi negara atau kawasan tujuan utama ekspor Indonesia pada bulan ini dengan pangsa ekspor 22,63%.

“Peningkatan ini utamanya didorong nilai ekspor bahan bakar mineral, nikel dan, besi dan baja,”kata Habibullah dalam Konferensi Pers Pengumuman Ekspor-Impor Mei, Rabu (19/6/2024).

Selanjutnya, ekspor nonmigas ke Amerika Serikat (AS) tercatat naik 24,46% (mom) menjadi US$2,18 miliar, dari bulan sebelumnya yang sebesar US$1,76 miliar. Berdasarkan data paparannya, AS menjadi negara tujuan utama ekspor kedua dengan pangsa ekspor 10,45%.