Logo Bloomberg Technoz

Penyelidikan Komisi Sekuritas dan Bursa (Securities and Exchange Commission/SEC) AS terhadap Ethereum Foundation menyoroti ketidakpastian tentang apakah Ether merupakan sekuritas yang tidak terdaftar, Hal yang bisa saja merembet terjadinya penurunan permintaan terhadap aset digital.

Ether Rabu justru terpantau menguat efek isu positif dilepaskanya penyelidikan Ethereum.

Dalam sebuah posting di X, Consensys, pengembang Ethereum, mengatakan “Divisi Penegakan SEC telah memberi tahu kami bahwa mereka menutup penyelidikannya terhadap Ethereum 2.0.”

“Keputusan tersebut mengikuti surat yang kami kirimkan pada 7 Juni, meminta SEC untuk mengonfirmasi bahwa persetujuan ETF Ether bulan Mei, yang didasarkan pada ETH sebagai komoditas, berarti agensi SEC akan menutup investigasi Ethereum 2.0,”tambah Consensys.

SEC tidak segera membalas permintaan komentar tentang klaim dari Consensys. Permintaan tersebut dikirim di luar jam kerja reguler. Consensys pada bulan April menggugat SEC dalam upaya untuk menangkis regulasi Ethereum.

SEC bulan lalu menyetujui proposal yang diajukan oleh Cboe Global Markets Inc, Nasdaq, dan New York Stock Exchange untuk mendaftarkan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) yang berinvestasi langsung dalam Ether.

Persetujuan lebih lanjut diperlukan sebelum pemohon seperti BlackRock Inc dan Fidelity Investments dapat memulai debut produk tersebut.

Meskipun Bitcoin dipandang sebagai komoditas, SEC berpendapat bahwa sebagian besar token lainnya adalah sekuritas yang tidak terdaftar yang harus tunduk pada pengawasannya. 

Namun Ketua SEC Gary Gensler mengatakan hal yang tidak jelas, apakah Ether adalah sekuritas. Para penggemar kripto khawatir tentang token - dan kemungkinan proyek-proyek berdasarkan blockchain Ethereum - jatuh di bawah peraturan agensi yang sulit dan mahal.

Bloomberg News melaporkan pada bulan Maret bahwa agensi tersebut telah meminta informasi dari perusahaan-perusahaan tentang transaksi dengan Ethereum Foundation sebagai bagian dari tinjauan aspek-aspek Ether.

Situs web Ethereum Foundation menggambarkan sebagai organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk mendukung Ethereum dan teknologi terkait.

(bbn)

No more pages