Logo Bloomberg Technoz

Diketahui Indonesia-United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement (IUAE CEPA) ditandatangani pada 1 Juli 2022. Dilansir dari laman web Kemenkeu, cakupan dari perjanjian kerja sama ini antara lain perdagangan barang, perdagangan jasa, ketentuan asal barang, prosedur kepabeanan dan fasilitasi perdagangan, investasi, ekonomi Islam, kerja sama ekonomi termasuk usaha kecil dan menengah, hak kekayaan intelektual, pengadaan barang dan jasa pemerintah, hukum dan isu kelembagaan.

Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Djatmiko Bris Witjaksono dalam keterangan di website Kementerian Perdagangan menyatakan bahwa perundingan IUAE–CEPA sangat bermanfaat bagi Indonesia yakni akses pasar ke UEA melalui penghapusan, pengurangan, dan penurunan tarif bea masuk secara bertahap sekitar 94 persen dari total pos tarif UEA sejak perjanjian berlaku (entry into force).

Total perdagangan Indonesia–Uni Emirat Arab mencapai US$ 4 miliar pada 2021 dengan ekspor Indonesia sebesar $US 1,9 miliar dan impor dari UEA sebesar US$ 2,1 miliar. Sementara pada periode Januari–April 2022, total perdagangan kedua negara sudah mencapai US$ 1,5 miliar yakni naik 15% dibandingkan periode yang sama pada 2021 yang sebesar US$ 1,3 miliar dengan ekspor senilai US$ 714 juta dan impor senilai US$ 831 juta. Pada 2021, nilai investasi UEA di Indonesia sekitar US$ 16,1 juta. 

Selanjutnya Jokowi juga menyampaikan bakal hadir di acara World Climate Action Summit yang akan diselenggarakan pada Desember 2023 di UEA.

"Beliau juga bicara dengan dubes UEA mengenai beberapa proyek investasi antara lain di bidang pembangunan port yang diharapkan juga dapat selesai segera. Jadi itulah yang dibahas bapak presiden," kata Menlu Retno.

(ezr)

No more pages