Logo Bloomberg Technoz

Dubes UEA Temui Jokowi, Ratifikasi IUAE-CEPA Jadi Pembahasan

Ezra Sihite
04 April 2023 12:31

Presiden Jokowi Terima Dubes Persatuan Emirat Arab untuk Indonesia. (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Terima Dubes Persatuan Emirat Arab untuk Indonesia. (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Duta Besar (Dubes) Persatuan Emirat Arab (UEA) untuk Indonesia AlDhaheri di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (4/4/2023). Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi memaparkan poin-poin pembicaraan antara Jokowi dan Dubes UEA AlDhaheri.

Salah satunya adalah Presiden Jokowi menginginkan agar level hubungan ekonomi dua negara semakin meningkat.

"Pertama presiden secara resmi menyampaikan ucapan selamat kepada Sheikh Khaled bin Mohamed bin Zayed Al Nahyan yang telah ditunjuk sebagai putra mahkota Abu Dhabi dan juga kepada yang mulia Sheikh Mansour bin Zayed sebagai wakil presiden persatuan Emirat Arab dan presiden minta disampaikan ucapan selamat ini Kepada beliau berdua," kata Retno Marsudi sebagaimana dikutip dari laman Sekretariat Presiden, Selasa (4/4/2023).

Sementara yang berikutnya adalah Indonesia ingin agar ratifikasi kerja sama ekonomi antara RI-UEA segera terjadi. Ratifikasi ditargetkan bisa rampung pada akhir tahun ini.

"Presiden juga bicara mengenai upaya untuk penguatan hubungan ekonomi antara kedua negara yang pertama mengenai finalisasi ratifikasi Indonesia-UAE Comprehensif Economic Partnership yang sekarang sedang dalam proses ratifikasi," lanjut dia.