Logo Bloomberg Technoz

Saat harga minyak bumi naik, ada kemungkinan permintaan CPO naik karena dipakai sebagai bahan baku pembuatan Bahan Bakar Nabati (BBN) alias biofuel. Saat permintaan CPO naik, harga pun terungkit.

CPO Membawa Berkah

Bagi Indonesia, kenaikan harga CPO tentu membawa berkah. Sebab, CPO adalah salah satu komoditas unggulan ekspor Indonesia.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, nilai ekspor CPO Indonesia pada 2022 adalah US$ 29,65 miliar. Angka ini menyumbang 10,75% dari total ekspor non-migas, hanya kalah dari batu bara di peringkat pertama (16,94%).

Jika harga CPO naik terus, maka penerimaan Indonesia dari ekspor akan ikut bertambah. Ini bisa menjadi fondasi bagi stabilitas nilai tukar rupiah.

Bagi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), kenaikan harga CPO juga sangat menguntungkan. Seperti tahun lalu, saat rata-rata harga CPO melonjak 18,33% dibandingkan 2021.

“Penerimaan Bea Keluar mencapai Rp 39,82 triliun atau 108,53% dari target. Kinerja tersebut meningkat 15,18% yoy.

“Penerimaan komoditas CPO dan turunannya tumbuh 10,21% yoy terutama karena tingginya tarif Bea Keluar yang tinggi awal tahun, kemudian diikuti dengan perubahan struktur tarif pada Juni dan kebijakan flush out,” tulis laporan APBN Kita edisi Januari 2023.

(aji)

No more pages