Logo Bloomberg Technoz

Mengacu pada data ketenagakerjaan yang tetap kuat dalam survei dunia usaha, meskipun ada sinyal pelemahan dari data rumah tangga, ia menilai, laporan nonfarm payroll Mei 'mungkin sedikit berlebihan'. The Fed, kata Williams, akan mempelajari lebih lanjut tentang hal itu dalam beberapa bulan mendatang.

Para pejabat The Fed dalam FOMC bulan Juni ini menurunkan prediksi mereka tentang seberapa besar rencana penurunan bunga acuan tahun ini. Median dot plot menghasilkan hanya satu kali pemangkasan bunga tahun ini oleh The Fed. Dalam FOMC bulan ini, bunga acuan kembali dipertahankan di 5,25%-5,5%, tertinggi dalam dua dekade.

Williams bilang pada bulan lalu bahwa ada 'bukti yang cukup' bahwa kebijakan bunga acuan The Fed telah membebani perekonomian dan ia memperkirakan inflasi akan terus menurun pada semester dua tahun ini.

Gubernur The Fed New York itu juga menangkis pernyataan tentang apakah The Fed dapat menurunkan bunga acuan pada musim gugur nanti tanpa membuka peluang bagi bank sentral dituduh melakukan favoritisme politik.

"Hal terpenting yang harus dilakukan adalah mengambil keputusan dengan benar dan mengabaikan politik," kata Williams.

(bbn)

No more pages