Logo Bloomberg Technoz

“Gelombang panas pertama musim ini telah tiba dan kami sudah siap. Ini sangat panas untuk bulan Juni, dengan perubahan iklim yang menyebabkan panas yang lebih sering dan intens. Musim panas kali ini berbeda dari sebelumnya,” kata Adams.

Meskipun musim panas secara resmi belum dimulai hingga Kamis, di seluruh AS, lebih dari 120 rekor suhu tinggi harian mungkin akan terpecahkan atau disamai, dengan sebagian besar terjadi di Midwest, Mid-Atlantik, dan New England, demikian ungkap  US Weather Prediction Center.

Kelembapan akan membuat kondisi terasa lebih panas, sehingga meningkatkan permintaan listrik karena orang-orang menyalakan AC.

Selama akhir pekan, Gubernur New York Kathy Hochul memperingatkan warga bahwa gelombang panas adalah sebuah hal serius, dalam sebuah posting di X. Panas adalah penyebab kematian nomor satu terkait cuaca, katanya.

Gelombang panas juga dapat merusak rel kereta api dan memperlambat perjalanan di kota-kota besar di bagian timur yang mengandalkan kereta api untuk memindahkan orang. 

Suhu panas yang paling tinggi kemungkinan akan terjadi di seluruh New England, kata Bob Oravec, peramal cuaca senior di Weather Prediction Center.

Suhu tertinggi di Concord, New Hampshire, dapat mencapai 101F pada hari Kamis. Cuaca terik juga akan menyebar ke Kanada, dengan suhu di Montreal mencapai 93F dan Toronto 91F, menurut Environment and Climate Change Canada.

Sebuah sistem tekanan tinggi yang besar sedang terbentuk di atas wilayah timur AS dan akan memerangkap panas di daerah tersebut, sehingga memungkinkannya untuk meningkat, kata Oravec.

Kemudian, kondisi mendesis akan mereda di New England pada akhir pekan ini, New York dan Washington kemungkinan akan tetap panas sepanjang akhir pekan.

“Ini akan menjadi cerita minggu ini,” kata Oravec. Panasnya “cukup meluas, akan berlabuh dan tidak berpindah-pindah selama seminggu penuh.”

(bbn)

No more pages