Logo Bloomberg Technoz

Diberitakan sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan telah menyiapkan sejumlah operasi kemanusiaan untuk warga Palestina dan korban perang Israel di Jalur Gaza. Hal ini disampaikan saat dia berkunjung ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Jumat (14/6/2024).

“Bila ada mandat dari PBB, kita akan melaksanakan operasi kemanusiaan di Palestina," kata Agus dikutip dari laman Puspen TNI, Sabtu (15/6/2024).

Agus mengatakan TNI telah menyiapkan sejumlah pasukan dan fasilitas khusus dalam rencana operasi kemanusiaan di Jalur Gaza. Dia menambahkan, TNI akan menyiapkan kapal rumah sakit yang dapat memberikan perawatan dan layanan kesehatan kepada para korban.

Selain itu, TNI juga telah menyiapkan tiga jenis pesawat udara untuk mengangkut sekitar 1.000 lebih pasien dari Jalur Gaza ke sejumlah rumah sakit di Indonesia. Tiga pesawat tersebut adalah pesawat Hercules C-130 tipe J, Pesawat Hercules C-130 tipe H, dan pesawat Boeing-737 400/500.

"Disiapkan juga rumah sakit di Indonesia yaitu RSPAD Gatot Subroto dan Rumah Sakit Panglima Besar Soedirman,” ujar Agus.

Pada kesempatan yang sama, Agus juga menyebutkan kemungkinan keterlibatan ormas dalam tugas perdamaian di Gaza, meski dirinya tak menerangkan secara spesifik apa saja yang harus dipenuhi agar masyarakat sipil bisa ikut bersama pasukan TNI ke Gaza. 

(prc/del)

No more pages