Logo Bloomberg Technoz

PDIP Usung Anies, Ganjar Sebut Jika Tak Cocok Jangan Dipaksakan

Redaksi
18 June 2024 11:30

Capres Ganjar Pranowo sebelum sidang pembacaan putusan sengketa Pilpres,di Gedung MK, Senin (22/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Capres Ganjar Pranowo sebelum sidang pembacaan putusan sengketa Pilpres,di Gedung MK, Senin (22/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mantan calon presiden Pemilu 2024, Ganjar Pranowo berkomentar tentang rencana Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur pada Pilkada DKI Jakarta. Dia mengklaim, partai berlambang kepala banteng tersebut memang beberapa kali mengusung sosok non-kader dalam sejumlah kontestasi politik.

Meski demikian, menurut dia, sosok yang diusung tersebut biasanya memiliki nilai-nilai dan ideologi yang sejalan dengan PDIP. Selain itu, biasanya PDIP sangat menekankan bagaimana sosok tersebut bisa konsisten dalam kesepakatan perjuangan awal.

"Bagaimana kita bersikap terhadap situasi yang sekarang makin tidak mudah lah, agar kemudian politisi yang kita dukung nanti bisa konsisten," kata Ganjar kepada wartawan usai Salat Iduladha, Senin (17/6/2024).

"Itu yang musti diobrolkan, dan mudah-mudahan bisa bernegosiasi, tapi seandainya tidak cocok menurut saya juga tidak dipaksakan."

Ganjar memang menyampaikan hal tersebur secara umum atau berkaitan dengan seluruh sosok non kader yang bisa diusung PDIP pada Pilkada mendatang. Meski demikian, pendapat tersebut cukup terkena pada rencana DPD PDIP Jakarta yang mengusulkan nama Anies ke DPP PDIP.