Logo Bloomberg Technoz

Saham-saham India telah mencapai puncak baru sejak Partai Bharatiya Janata yang berkuasa memperoleh dukungan yang cukup dari sekutu-sekutu kunci untuk membentuk pemerintahan koalisi, memastikan kembalinya Modi ke tampuk kekuasaan untuk ketiga kalinya berturut-turut. 

Kemenangan tersebut, bersama dengan pertumbuhan ekonomi yang kuat dan peningkatan terbaru dari prospek peringkat India oleh S&P Global Ratings, menggabungkan untuk memperkuat daya tarik India bagi investor global.

Pembentukan pemerintahan baru dengan sebagian besar menteri kunci mempertahankan portofolio mereka "secara umum menegaskan kesinambungan kebijakan," menurut ahli strategi Goldman Sachs Sunil Koul. 

India tetap menjadi pasar dengan makroekonomi yang sangat stabil dan pertumbuhan pendapatan diharapkan terus berlanjut, mendorong saham-saham lebih tinggi, kata Koul dalam wawancara dengan Bloomberg Television minggu lalu.

Diagram pasar saham India. (Sumber: Bloomberg)

Menurut data Bloomberg, ciri khas dari kenaikan dalam beberapa tahun terakhir adalah sejauh mana jutaan anak muda India beralih ke investasi ekuitas. Dana lokal, termasuk bank dan perusahaan asuransi, telah membeli lebih dari US$26 miliar saham tahun ini, sementara investor asing menjual sekitar US$3,4 miliar.

"Investor institusional asing yang dulunya dominan sekarang bukan lagi satu-satunya penggerak pasar," menurut Bino Pathiparampil, kepala riset di Elara Capital yang berbasis di Mumbai.

Namun demikian, minat luar negeri mulai kembali setelah hasil pemilihan umum.

"Tampaknya ada banyak uang yang siap diinvestasikan ke India dari dana regional asing dan dana yang didedikasikan untuk India," kata Chetan Seth, seorang ahli strategi di Nomura Holdings Inc.

"Investor asing belum bisa mendapatkan cukup dari India sebagian besar karena kekhawatiran seputar valuasi dan masih underweight."

Indeks patokan India NSE Nifty 50 ditutup pada rekor tertinggi baru pada hari Jumat dan menuju tahun kesembilan berturut-turut kenaikan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Saham-saham perusahaan kecil dan menengah juga telah meningkat dan mengungguli rekan-rekan mereka yang lebih besar dalam beberapa tahun terakhir sehingga menyumbang sekitar 40% dari total valuasi pasar. Pasar ditutup pada hari Senin untuk hari libur umum.

Domestic Funds Have Emerged as Bigger Buyers of India Stocks. (Sumber: Bloomberg)

(bbn)

No more pages