Logo Bloomberg Technoz

“The Fed mungkin tidak perlu menurunkan suku bunga tahun ini – tetapi jika mereka melakukannya, hal ini akan menjadi lebih bullish bagi ekuitas, khususnya teknologi.”

S&P 500 mencapai angka 5.470, dengan Tesla Inc. dan Apple Inc. memimpin kenaikan dalam megacaps. Nvidia Corp melemah tipis. Nasdaq 100 mendekati angka 20.000. Micron Technology Inc. naik ke rekor tertingginya karena beberapa perusahaan menaikkan target mereka. Broadcom Inc melonjak lebih dari 5%. Investor aktivis Starboard Value mengatakan pihaknya telah membangun saham di Autodesk Inc. senilai lebih dari $500 juta.

Saham-saham Perancis rebound setelah kejatuhan minggu lalu. Namun Indeks Stoxx Europe 600 tidak banyak berubah karena Citigroup Inc. menurunkan peringkat ekuitas di wilayah tersebut, dengan alasan “meningkatnya risiko politik” di antara alasan-alasan lainnya.

Kenaikan saham-saham raksasa teknologi Amerika kemungkinan akan terus mendorong S&P 500 ke level tertinggi baru, kata Scott Chronert dari Citigroup Inc.

Ahli strategi ekuitas bank tersebut menaikkan perkiraan akhir tahunnya untuk benchmark saham pada Senin, menjadi 5.600 dari 5.100. Dia mengutip berlanjutnya penguatan pada saham-saham Magnificent Seven dan ekspektasi pertumbuhan pendapatan yang meluas ke perusahaan-perusahaan S&P 500 lainnya.

Citigroup adalah perusahaan ketiga sejak penutupan pada Jumat yang menaikkan perkiraan indeks tersebut, bergabung dengan Goldman Sachs Group Inc. dan Evercore ISI karena saham-saham AS terus naik ke rekor tertingginya.

Sementara itu, dana lindung nilai (hedge fund) menurunkan leverage kotor jangka pendek, yang mengukur keseluruhan eksposur mereka terhadap pasar, yang merupakan penurunan terbesar sejak Maret 2022, menurut catatan dari meja pialang utama Goldman Sachs.

Meskipun tidak ada kekurangan berita utama mengenai rekor tertinggi terbaru pada S&P 500, angka tertinggi tersebut kurang signifikan sebagai tanda kekuatan pasar dibandingkan sebagai pengaruh terhadap sentimen investor, menurut Tim Hayes dari Ned Davis Research.

“Ketika rekor tertinggi dicapai oleh tolok ukur utama, luasnya telah melemah,” katanya.

“Rekor benchmark tidak dikonfirmasi oleh sebagian besar pasar, sektor, dan saham.”

Menjelang pembacaan terbaru penjualan ritel, para pedagang juga memantau pidato Fed.

Presiden Fed Bank of Philadelphia, Patrick Harker mengatakan dia melihat satu kali penurunan suku bunga yang tepat untuk tahun ini berdasarkan perkiraannya saat ini, menggarisbawahi pesan bahwa suku bunga tinggi kemungkinan akan bertahan.

Investor diperingatkan bahwa suku bunga akan tetap lebih tinggi lebih lama dari perkiraan mereka, dengan proyeksi median dari pejabat Fed yang menyerukan penurunan suku bunga satu kali pada tahun ini. Namun uang mengalir ke saham-saham yang mendapatkan keuntungan dari biaya pinjaman yang lebih rendah.

(bbn)

No more pages