Logo Bloomberg Technoz

Menpora Dito Ariotedjo Cegah Insiden Piala Dunia U-20 Terulang

Fransisco Rosarians Enga Geken
04 April 2023 11:35

Dito Ariotedjo, politikus Partai Golkar akan menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga. (Dok Bloomberg Technoz)
Dito Ariotedjo, politikus Partai Golkar akan menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga. (Dok Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga, Ario Bimo Anindito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo, akan bertemu dengan sejumlah pihak untuk memastikan semua perhelatan olahraga internasional yang digelar di Indonesia dapat berjalan dengan baik. Dia pun berupaya agar aksi penolakan yang berujung pada batalnya Piala Dunia U-20 tidak akan terulang.

Menurut dia, tahun ini Indonesia setidaknya akan menjamu sejumlah negara dalam ajang ANOC World Beach Games 2023 di Bali dan Piala Dunia Bola Basket 2023 di Jakarta. Dalam kaitan itu, dia menyebut akan mengajak seluruh pihak untuk memisahkan antara kebijakan politik dan olahraga.

"Mulai hari ini, saya coba bicara dengan semua stakeholder [pemangku kepentingan]. Semoga kita bisa memastikan kelancaran acaranya dan ada titik temu," kata Dito usai pelantikan di Istana Negara, Senin (3/4/2023).

Sebelumnya, Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Hal ini diduga akibat sejumlah penolakan kehadiran Timnas Israel oleh gubernur dan tokoh politik. Indonesia dan PSSI pun dinilai tak mampu memenuhi kontrak untuk memastikan keamanan bagi seluruh tim yang akan berlaga.

Menurut Dito, pemerintah pun terus menjalin koordinasi dengan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir. Keduanya tengah berupaya melakukan lobi dan pembicaraan dengan FIFA agar tidak mengeluarkan sanksi berat bagi PSSI dan sepak bola Indonesia.