Logo Bloomberg Technoz

Rupiah Tumbang, Pengusaha Diminta Pacu Ekspor & Tak Naikkan Harga

Pramesti Regita Cindy
14 June 2024 11:31

Tumpukan peti kemas barang yang dikirimkan melalui pelabuhan./Bloomberg-Andre Malerba
Tumpukan peti kemas barang yang dikirimkan melalui pelabuhan./Bloomberg-Andre Malerba

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bidang Ketenagakerjaan Bob Azam menilai pelemahan rupiah harus segera digejar oleh pelaku usaha sebagai momentum untuk segera memacu ekspor. 


Meski dia tidak menepis dampak depresiasi rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bakal membebani biaya impor, khususnya untuk bahan baku dan barang penolong, fenomena tersebut semestinya bisa menjadi angin segar bagi kinerja ekspor.

“Jadi ya kita menghadapi dua fenomena seperti itu. Bagaimana caranya pelemahan rupiah ini bisa dipakai momentum untuk meningkatkan ekspor, daya saing kita menjadi lebih baik, begitu,” ujarnya saat dihubungi, Jumat (14/6/2024).

Bagaimanapun, Bob juga mengingatkan pelaku usaha untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas agar imbas negatif dari kenaikan biaya-biaya yang disebabkan oleh pelemahan rupiah dapat diredam.

Dengan meningkatkan efisiensi dan produktivitas, pelaku industri tidak perlu mentransmisikan pelemahan rupiah pada kenaikan harga barang di tingkat konsumen. Terlebih, di tengah daya beli masyarakat yang masih lesu.