Logo Bloomberg Technoz

"Pasar domestik juga kami khawatirkan akan makin lesu dan makin menahan diri untuk melakukan ekspansi konsumsi bila pelemahan nilai tukar terus dibiarkan," tekannya. 

Butuh Koreksi

Meski mengatasi pelemahan nilai tukar akan sulit mengingat kondisi eksternal yang di luar kendali Indonesia, Shinta mencatat depresiasi rpiah yang saat ini tercatat sebagai yang ke-3 terdalam di ASEAN-5 secara year-to-date (ytd) perlu segera dikoreksi.

Apalagi, jika kondisi ini tidak segera diatasi, kinerja ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Indonesia bisa kian melemah.

"Ini harus diwaspadai dan segera dikoreksi bila kita tidak ingin ekspor dan FDI [investasi asing langsung] makin tergerus. Perlu diingat, kedua aktivitas tersebut menciptakan kontribusi yang signifikan terhadap penciptaan stabilitas makro ekonomi, industrialisasi, penciptaan lapangan kerja, dan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi di Indonesia secara keseluruhan." 

"Kalau tidak dijaga kinerja dan daya saingnya akan spiralling down dan makin melemahkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dan kesejahteraan masyarakat," tegas Shinta.

Untuk diketahui, nilai tukar rupiah dibuka jebol level psikologis Rp16.300/US$ dalam pembukaan perdagangan hari ini Jumat (14/6/2024). Rupiah terperosok hingga ke level Rp16.358/US$ pada pukul 09:55 WIB.

Pelemahan rupiah pagi ini karena tergilas rebound dolar Amerika Serikat (AS) yang kembali bangkit meski data inflasi Amerika Serikat (AS) menunjukkan pelemahan yang membuka jalan lebih lebar bagi Federal Reserve untuk menurunkan bunga tahun ini.

Pelemahan rupiah pagi ini menjadi yang terdalam di Asia hingga 0,54%. Sementara itu, mata uang Asia lain yang juga melemah tidak sedalam itu. Won Korea tergerus 0,23%, lalu dolar Taiwan 0,17%, ringgit 0,11% dan peso 0,06%.

(prc/wdh)

No more pages