Logo Bloomberg Technoz

Serangan Houthi Meningkat, 2 Kapal Diserang di Laut Merah

News
14 June 2024 07:10

Laut Merah (Dok: Bloomberg)
Laut Merah (Dok: Bloomberg)

Alex Longley, Verity Ratcliffe dan Kateryna Kadabashy - Bloomberg News

Bloomberg, Sebuah kapal kargo kecil terbakar setelah terkena tiga proyektil saat berlayar di Teluk Aden. Ini adalah insiden signifikan kedua dalam dua hari dan adanya peningkatan serangan baru.

Menurut Pusat Informasi Maritim Bersama, yang mengoordinasikan penghubung antara militer dan pelayaran komersial, serangan terhadap kapal Verbena terjadi sekitar 158 kilometer sebelah timur Aden di Yaman. Upaya pengendalian kerusakan sedang dilakukan. Satu orang dilaporkan terluka dalam insiden ini. Sementara kapal kedua, Seaguardian, juga diserang di Laut Merah.

Pelacakan kapal yang dikompilasi oleh Bloomberg menunjukkan Verbena berbelok melintasi Teluk Aden pada Kamis (13/06/2024) pagi tetapi terus berlayar. Tidak ada sinyal dari Seaguardian pada saat serangan terjadi, yang menunjukkan kapal tersebut mungkin telah mematikan transponder lokasinya saat melewati pantai Yaman.

Seorang juru bicara Houthi mengatakan dalam pernyataan di televisi bahwa kelompok tersebut mengaku bertanggung jawab atas kedua serangan tersebut.