Logo Bloomberg Technoz

Hampir 60% penurunan IHK pada Mei untuk barang disebabkan oleh biaya bensin. Harga solar, listrik komersial, dan bahan bakar jet juga turun. Harga barang secara keseluruhan turun 0,8% - yang merupakan penurunan terbesar sejak Oktober. Biaya jasa tidak berubah.

Indeks saham berjangka naik dan imbal hasil Treasury turun setelah rilis data IHP dan laporan terpisah yang menunjukkan klaim pengangguran awal mingguan meningkat ke level tertinggi sejak Agustus.

Kategori PCE

Beberapa kategori dalam laporan IHP yang digunakan untuk menghitung ukuran inflasi pilihan The Fed - indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (personal consumption expenditures price index/PCE) - melemah di bulan Mei dibandingkan bulan sebelumnya.

Di antaranya, harga tiket pesawat turun 4,3% dan harga layanan manajemen portofolio turun 1,8%. Biaya perawatan dokter tetap dan biaya perawatan rawat jalan rumah sakit naik 0,5%. Indikator harga PCE Mei akan dirilis akhir bulan ini.

Tidak termasuk makanan, energi, dan jasa perdagangan, yang merupakan ukuran PPI yang tidak terlalu fluktuatif, harga-harga tetap datar dibandingkan dengan bulan sebelumnya, yang paling jinak dalam setahun.

Biaya barang olahan untuk permintaan perantara, yang mencerminkan harga di awal jalur produksi, turun 1,5% - yang merupakan penurunan terbesar sejak akhir 2022. Hal ini mencerminkan penurunan biaya energi yang tajam.

(bbn)

No more pages