Logo Bloomberg Technoz

Tantang Anies-Ahok, Gerindra Kukuh Usung RK di Pilkada Jakarta

Muhammad Fikri
13 June 2024 16:05

Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Gerindra memastikan mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan maju sebagai calon gubernur pada Pilkada DKI Jakarta. Partai besutan Prabowo Subianto tersebut mengklaim akan mendorong Partai Golkar untuk melepas Kang Emil ke Pilkada DKI Jakarta ketimbang tetap di Jawa Barat.

"Gak ada masalah. Saya pikir dalam waktu dekat akan selesai dengan komunikasi yang baik. Kami akan perjuangkan itu," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman di Kompleks DPR, Kamis (13/6/2024).

Gerindra akan ngotot mengusung Ridwan Kamil usai sejumlah partai politik memberi sinyal akan mengusung Anies Baswedan pada Pilkada DKI Jakarta. Menurut Habiburokhman, Ridwan sendiri sudah beberapa kali mengatakan lebih berminat untuk mengikuti kontestasi politik di DKI Jakarta.

"Menurut kami, lebih baik RK [Ridwan Kamil] ke Jakarta," kata Habiburokhman.

Dia mengklaim, Ridwan Kamil diprediksi akan menang melawan Anies Baswedan. Pertama, kata dia, Anies bersama koalisi perubahan terbukti kalah dalam Pemilu 2024 untuk daerah pemilihan DKI Jakarta. Saat itu, koalisi Gerindra yang mengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menang tipis dari Anies-Muhaimin Iskandar.