Logo Bloomberg Technoz

Thailand Berantas Penipuan Modus Rekening Mule di Bank Rp26 T

News
13 June 2024 17:30

Thailand. (Sumber: Bloomberg)
Thailand. (Sumber: Bloomberg)

Suttinee Yuvejwattana - Bloomberg News

Bloomberg, Bank sentral Thailand atau Bank of Thailand (BOT) tengah gencar menindak tegas apa yang disebut degan rekening "mule" yang digunakan dalam penipuan keuangan online, setelah nasabah bank kehilangan lebih dari 60 miliar baht (Rp26 triliun) akibat skema tersebut dalam dua tahun terakhir.

Asisten Gubernur Daranee Saeju mengatakan dalam konferensi pers pada Kamis (13/06/2024), Bank of Thailand dan lembaga penegak hukum lainnya telah membekukan hampir 200.000 rekening mule - yang dioperasikan oleh orang-orang yang memfasilitasi transfer dana ilegal atas nama orang lain - antara Maret 2023 dan April tahun ini.

BOT, yang mengatur industri perbankan Thailand, akan memperluas penindakan dengan berbagi basis data nasabah berisiko antar bank, kata Daranee. Individu yang diduga memiliki rekening mule akan dibekukan fasilitasnya dan bank akan memperketat aturan untuk mempersulit mereka membuka rekening baru pada akhir bulan depan.

"Situasinya semakin buruk dengan kasus baru yang terus berdatangan," kata Daranee. "Ada sekitar 300.000 kasus penipuan keuangan yang dilaporkan selama dua tahun terakhir. Biasanya satu kasus penipuan keuangan terkait dengan lima rekening mule, yang berarti ada jutaan rekening di luar sana yang perlu kami tangani."