Logo Bloomberg Technoz

Ada Modal Glencore di Balik Niat IPO Ceria Nugraha pada 2025

News
13 June 2024 15:15

Terowongan di proyek tambang nikel Glencore Onaping Depth setinggi 1.200 meter di Onaping, Ontario, Kanada./Bloomberg-Galit Rodan
Terowongan di proyek tambang nikel Glencore Onaping Depth setinggi 1.200 meter di Onaping, Ontario, Kanada./Bloomberg-Galit Rodan

Eddie Spence dan Fathiya Dahrul - Bloomberg News

Bloomberg, Perusahaan nikel Indonesia, PT Ceria Nugraha Indotama, dikabarkan bakal mendapat sokongan dari Glencore Plc untuk membangun pabrik logam baterai menjelang penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) yang direncanakan pada 2025.

Glencore sedang dalam pembicaraan untuk mengambil 10% saham perusahaan tersebut melalui penggalangan dana pra-IPO, dan akan membantu pembiayaan pabrik pelindian asam bertekanan tinggi atau smelter berbasis high pressure acid leach (HPAL), kata Chief Executive Officer Ceria Nugraha Derian Sakmiwata dalam sebuah wawancara, Rabu (12/6/2024), dikutip Bloomberg.

Pedagang komoditas terbesar di dunia ini juga akan mengambil saham langsung di pabrik tersebut dan menandatangani perjanjian offtake untuk membeli bahan baterai kendaraan listrik dari perusahaan Indonesia, katanya.

“Kami ingin menjangkau pasar global,” kata Sakmiwata di selakonferensi Shanghai Metals Market di Jakarta. “Glencore adalah jembatan kami,” katanya, seraya menambahkan bahwa 20% saham perusahaan tersebut ditawarkan sebagai bagian dari penggalangan dana pra-IPO.