Logo Bloomberg Technoz

Tokopedia Bakal PHK Massal, Induk GOTO Sampaikan Penjelasan

Redaksi
13 June 2024 13:56

Bisnis pengiriman barang hasil belanja di Tokopedia. (Dok: Bloomberg)
Bisnis pengiriman barang hasil belanja di Tokopedia. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sebagai pemegang saham, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) percaya bahwa PT Tokopedia tetap berada di jalur peningkatan efektivitas perusahaan, merespons kabar rencana PHK massal.

GOTO tidak menjawab dengan tegas, dengan hanya menjelaskan bahwa apa yang dilakukan anak usahanya tersebut juga dilakukan oleh perusahaan lain. Keputusan apapun yang diambil Tokopedia adalah “ hal yang akan ditentukan secara penuh oleh manajemen PT Tokopedia,” jelas Sekretaris Perusahaan GOTO, R.A. Koesoemohadiani kepada BEI, dikutip Kamis (13/6/2024).

“Mengingat bahwa GOTO merupakan pemegang saham bukan pengendali minoritas, maka sepanjang pengetahuan terbaik Perseroan, Perseroan meyakini bahwa PT Tokopedia terus melakukan tinjauan atas efektivitas darı organisasi mereka (seperti halnya perusahaan lain).”

Ia menambahkan keputusan apapun pasti telah melewati pertimbangan atau memerhatikan prinsip kehati-hatian dalam mengelola sebuah bisnis, termasuk bagi seluruh pemangku kepentingan.

Pasca penggabungan usaha Tokopedia dengan TikTok, lewat  kesepakatan aliansi GOTO dengan TikTok Nusantara (SG) Pte Ltd, ByteDance selaku pemilik mayoritas akan melakukan PHK putaran pertama. Jumlahnya mencapai 450 karyawan atau setara 9% dari total staf menurut orang-orang yang mengetahui masalah ini seperti dikabarkan Bloomberg News. Kabar lain menyebut porsi karyawan terdampak pemecatan lebih besar, hingga 70%.