Logo Bloomberg Technoz

KPK Periksa Staf Hasto Kristiyanto di Kasus Korupsi Harun Masiku

Muhammad Fikri
13 June 2024 13:25

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. (Dok: PDI Perjuangan Jawa Timur)
Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto. (Dok: PDI Perjuangan Jawa Timur)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Staf pribadi Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto yaitu Kusnadi ikut terseret dalam penyidikan tersangka dan buron kasus kasus suap pergantian antar waktu (PAW) anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024, Harun Masiku.

Tim juru bicara KPK, Budi Prasetyo mengatakan, penyidik menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap Kusnadi hari ini. Meski demikian, dia tak menjelaskan lebih detil tujuan dan kapasitas Kusnadi dalam kasus Harun Masiku.

"Pemeriksaan dilakukan di Gedung Merah Putih KPK, Jl Kuningan Persada Kav.4, atas nama Kusnadi, Wiraswasta," kata Budi melalui pesan singkat, Kamis (13/6/2024).

Nama Kusnadi muncul saat Hasto Kristiyanto menjalani pemeriksaan di KPK, Senin (10/6/2024). Pada saat itu, penyidik dikabarkan memanggil Kusnadi ke ruang pemeriksaan dengan dalih Hasto membutuhkan bantuan.

Akan tetapi, penyidik kemudian justru dikabarkan melakukan penyitaan dan perampasan paksa barang-barang Hasto yang dipegang Kusnadi; beberapa di antaranya adalah ponsel dan tas. Peristiwa ini menimbulkan kegaduhan hingga Hasto melakukan aksi protes dan penolakan.