Logo Bloomberg Technoz

Ekonom: Morgan Stanley Pangkas Rating RI Picu Dana Asing Kabur

Azura Yumna Ramadani Purnama
13 June 2024 08:50

Morgan Stanley (Sumber: Bloomberg)
Morgan Stanley (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ekonom berpendapat keputusan Morgan Stanley memangkas penilaiannya terhadap ekuitas Indonesia dapat memicu larinya dana asing dari pasar keuangan nasional atau capital outflow, tapi tidak akan berlangsung secara berkelanjutan.

Kepala Ekonom Bank BCA David Sumual menjelaskan dengan turunnya rating Indonesia menjadi ‘underweight’, maka terdapat potensi pengalihan investasi ke beberapa negara lain yang dianggap memiliki valuasi lebih menarik.

“Mungkin hanya tactical decision saja ya, Jadi sifatnya sementara saja. Lebih akibat repositioning fund manager ke beberapa negara lain yang valuasinya lebih menarik,” kata David kepada Bloomberg Technoz, dikutip Kamis (13/6/2024).

Menurut David, para investor akan cenderung memilih negara yang lebih atraktif, sebagai contoh China. Ia mengatakan negara ini kini memiliki valuasi yang dianggap baik setelah mengalami sell off pada tahun sebelumnya.

Selanjutnya, menurut David, India juga bisa menjadi salah satu tujuan pengalihan dana tersebut. Sebab, india tercatat memiliki bobot MSCI yang terus naik, terlebih pemilihan presiden di India telah usai dan berjalan dengan baik.