Logo Bloomberg Technoz

IHSG Berpotensi Bangkit usai Pernyataan Terbaru di FOMC The Fed

Muhammad Julian Fadli
13 June 2024 08:24

Papan saham IHSG di BEI. Dok Bloomberg
Papan saham IHSG di BEI. Dok Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis 13 Juni 2024, berpotensi bangkit dengan melaju di zona hijau dan menguat, bersamaan dengan respons pasar terkait pernyataan terbaru The Fed yang mengindikasikan akan ada potensi pemangkasan suku bunga acuan di 2024, seiring tingkat inflasi AS yang melandai serta sudah berada di jalur yang tepat untuk mencapai target The Fed di 2%.

Adapun pada perdagangan kemarin pada Rabu 12 Juni, IHSG melemah 5,59 poin (0,08%) dan menutup perdagangan pada level 6.850.

Analisis Teknikal IHSG Kamis 13 Juni 2024 (Riset Bloomberg Technoz)

Secara teknikal IHSG berpotensi bangkit dari support-nya dari area level 6.800–6.840. Jika terus kuat berada di atas support tersebut, pergerakan IHSG akan rebound dengan target penguatan terdekat pada level 6.900, dan juga 6.950 sebagai resistance potensial. Untuk resistance selanjutnya ada trendline menarik pada level 7.000 yang jadi target dalam time frame daily.

Sentimen pada perdagangan hari ini utamanya datang dari global. Hasil Komite Pasar Terbuka Federal edisi Juni (Federal Open Meeting Committee/FOMC) Bank Sentral Amerika Serikat, Federal Reserve, tadi malam memberi sinyal kuat akan ada pemangkasan suku bunga acuan tahun ini sebanyak satu kali. 

Menariknya, peluang penurunan suku bunga acuan The Fed akan lebih banyak lagi di tahun depan berdasarkan Dot Plot terbaru yang dilansir.