Logo Bloomberg Technoz

The Fed Buka Peluang 2 Kali Pemangkasan Suku Bunga Tahun Ini

News
13 June 2024 08:10

Jerome Powell, Ketua the Fed (Dok: Bloomberg)
Jerome Powell, Ketua the Fed (Dok: Bloomberg)

Amara Omeokwe - Bloomberg News

Bloomberg, Pejabat Federal Reserve menurunkan ekspektasi mereka untuk penurunan suku bunga tahun ini, meskipun Gubernur Jerome Powell tetap membuka peluang untuk penurunan suku bunga lebih lanjut karena ia menekankan bahwa perkiraan baru tersebut mewakili pendekatan konservatif.

Proyeksi ekonomi terbaru para pembuat kebijakan, yang diterbitkan setelah pertemuan kebijakan dua hari di Washington pada Rabu, menunjukkan bahwa mereka memperkirakan akan menurunkan biaya pinjaman hanya satu kali pada tahun 2024, alih-alih tiga kali penurunan yang telah direncanakan sebelumnya, menurut estimasi rata-rata mereka.

Mereka juga menaikkan perkiraan inflasi mereka, bahkan setelah data yang lebih baik tentang harga konsumen yang diterbitkan pada hari sebelumnya memberikan alasan untuk optimisme.

"Masih ada kemungkinan dua kali penurunan suku bunga tahun ini, dimulai paling cepat pada September, namun mereka membutuhkan data yang sesuai dan meningkatkan kepercayaan diri mereka," ujar Kathy Bostjancic, kepala ekonom di Nationwide Mutual Insurance Co. "Karena konservatif, hal ini dapat dimengerti. Mereka melakukan kesalahan di sisi konservatisme. Saya rasa pintunya masih terbuka lebar."

Dot plot The Fed. (Dok: Bloomberg)