Logo Bloomberg Technoz

Sementara itu, indeks inti, yang tidak termasuk makanan dan energi, naik 0,2%, yang merupakan angka terendah sejak Oktober lalu - melampaui 12 dari 71 perkiraan dalam survei Bloomberg.

Inflasi di Sektor Jasa Lebih Rendah dari Perkiraan

Jasa menjadi alasan utama mengapa inflasi inti lebih rendah dari perkiraan, dibantu oleh penurunan harga asuransi mobil setelah kenaikan harga terbesar dalam kategori tersebut sejak tahun 1970-an. 

Tarif penerbangan juga turun. Indeks yang disebut sebagai "supercore services", yang tidak termasuk perumahan, turun 0,04%. Ini merupakan penurunan pertama sejak 2021 dan menjadi pertanda baik untuk indikator inflasi pilihan bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed), yaitu indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (Personal Consumption Expenditures Price Index/PCE), yang akan dirilis akhir bulan ini.

Tingkat Inflasi Inti Tahunan Turun

Tingkat inflasi inti tahunan turun menjadi 3,4%, terendah sejak April 2021, terbantu oleh kenaikan biaya perumahan terkecil dalam lebih dari dua tahun. Sementara itu, IHK secara keseluruhan berada di angka 3,3%.

Peluang Pemangkasan Suku Bunga Fed Meningkat 

Para ekonom mengatakan bahwa laporan ini meningkatkan kemungkinan para pembuat kebijakan The Fed memproyeksikan dua penurunan suku bunga untuk tahun 2024 ketika mereka merilis perkiraan terbaru mereka pada Rabu (13/06/2024). 

Suku bunga berjangka menunjukkan peningkatan taruhan pada The Fed akan memulai penurunan suku bunga pada September.

Reaksi Pasar 

Obligasi pemerintah dan saham naik, sementara dolar melemah. Hasil Treasury tenor 2 tahun turun sekitar 16 bps pada pukul 09:32 pagi di New York, menjadi 4,68%. 

Indeks S&P 500 dibuka naik 0,8%. Indeks Dolar Spot Bloomberg turun 0,5%, penurunan terbesar sejak pertengahan Mei.

(bbn)

No more pages