Logo Bloomberg Technoz

Laporan tersebut diterbitkan hanya beberapa jam sebelum The Fed akan mengakhiri pertemuan kebijakan selama dua hari di Washington, di mana para pejabat diperkirakan akan mempertahankan suku bunga pada level tertinggi selama dua dekade untuk ketujuh kalinya berturut-turut. 

Para pejabat masih dapat menyesuaikan proyeksi ekonomi kuartalan mereka tergantung pada apa yang ditunjukkan oleh data IHK, yang menurut Gubernur Jerome Powell pernah terjadi sebelumnya ketika data utama dirilis di tengah pertemuan.

Kontrak berjangka saham dan Treasury menguat di seluruh kurva, mendorong imbal hasil dua tahun dan 10 tahun turun sekitar 14 basis poin. Para trader hampir sepenuhnya memperkirakan dua penurunan suku bunga oleh The Fed tahun ini, dengan langkah pertama terjadi pada November.

Meskipun angka tersebut dilaporkan dalam satuan koma desimal oleh BLS, para pejabat semakin menarik angka tersebut lebih jauh untuk mendapatkan gambaran yang lebih komprehensif tentang arah inflasi. Pada basis dua desimal, IHK inti naik 0,16%.

Para pembuat kebijakan juga menekankan bahwa data satu bulan tidak akan menghasilkan tren. IHK inti selama tiga bulan terakhir meningkat secara tahunan sebesar 3,3%, turun dari 4,1% dalam perhitungan April.

Inflasi Perumahan

Harga tempat tinggal, yang merupakan kategori terbesar dalam jasa, naik 0,4%, lebih dari mengimbangi penurunan bensin, kata BLS. Harga sewa setara dengan pemilik - bagian dari tempat tinggal, yang merupakan komponen individu terbesar dari IHK - meningkat pada kecepatan yang sama.

Tidak termasuk perumahan dan energi, harga jasa sebagian besar tidak berubah dari April, yang merupakan tingkat terlemah sejak September 2021, menurut perhitungan Bloomberg. Sementara bank sentral telah menekankan pentingnya melihat metrik tersebut ketika menilai lintasan inflasi suatu negara, mereka menghitungnya berdasarkan indeks terpisah.

Indeks itu, yang dikenal sebagai indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (Personal Consumption Expenditures Price Index/PCE), tidak terlalu membebani tempat tinggal seperti yang dilakukan IHK. Itulah sebagian alasan PCE cenderung lebih mendekati target The Fed sebesar 2%.

(bbn)

No more pages