Logo Bloomberg Technoz

Laga pada babak ketiga akan dimulai pada 5 September 2024. Laga berikutnya akan berlangsung pada tahun ini yaitu 10 September; 10 dan 15 Oktober; serta 14 dan 19 November 2024. Sisa laga lainnya digelar tahun depan yaitu 20 dan 25 Maret; serta 5 dan 10 Juni 2025.

Daftar Pesaing Timnas Indonesia di Babak Ketiga

Pot 1: Timnas Jepang, Iran, dan Korea Selatan

Pot 2: Timnas Australia, Qatar, dan Irak

Pot 3: Timnas Arab Saudi, Uzbekistan, dan Yordania

Pot 4: Timnas Uni Emirat Arab, Oman, dan Bahrain.

Pot 5: Timnas China, Palestina, dan Kirgistan

Pot 6: Timnas Indonesia, Korea Utara, Kuwait

Jika Gagal di Babak Ketiga

Kesempatan Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026 tak sepenuhnya tertutup meski gagal menjadi peringkat pertama dan kedua pada grup di babak ketiga. Asalkan, anak asuh Shin Tae-yong ini berhasil mengamankan posisi ketiga atau keempat di babak ini.

Sesuai aturan kualifikasi, enam tim yang menjadi peringkat ketiga dan keempat pada tiap grup di babak ketiga berhak melaju ke babak keempat.

Pada babak keempat, enam tim tersebut akan dibagi ke dua grup yang berarti masing-masing berisi tiga tim. Pada babak ini, tiap tim hanya akan melakoni dua laga untuk melawan tim di grup yang sama.

Dua pertandingan tersebut akan digelar pada lokasi netral sehingga tak ada laga tandang atau pun kandang.

Peringkat pertama pada dua grup di babak keempat kemudian akan mendapat dua slot atau tiket terakhir zona asia ke Piala Dunia 2026. 

Pada titik ini, jika Timnas Garuda masih gagal, kesempatan melaju ke piala dunia belum sepenuhnya berakhir. Asalkan, Rizky Rido cs berhasil menjadi peringkat kedua di grup pada babak keempat.

Sesuai aturan kualifikasi, dua tim yang berada pada posisi runner up babak keempat akan saling berhadapan pada satu laga pamungkas. Pemenangan laga ini akan menjadi wakil Asia ke babak play off Piala Dunia 2026. Tim ini akan melawan tim lain dari benua lain yang juga harus bertarung untuk mendapatkan satu tiket Piala Dunia 2026.

(red/frg)

No more pages