Logo Bloomberg Technoz

PKB Buka Peluang Gandeng PSI Usung Anies-Kaesang di Pilkada 2024

Redaksi
12 June 2024 18:00

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep. (Tangkapan Layar via Instagram @psi_id)
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep. (Tangkapan Layar via Instagram @psi_id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) DKI Jakarta mengklaim akan mulai menjajaki potensi koalisi dengan sejumlah partai politik dalam Pilkada Serentak mendatang. Hal ini diungkapkan usai mereka resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur (cagub) pada Pilkada DKI Jakarta.

Ketua DPW PKB DKI Jakarta, Hasbiallah Ilyas mengatakan, partainya terbuka kepada partai politik yang memiliki calon wakil gubernur (cawagub) potensial. Hal ini termasuk Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang berpotensi mengusung ketua umumnya, Kaesang Pangarep pada Pilkada Jakarta.

"Kita juga bersedia kalau mas Kaesang memang mau mencalonkan wakil gubernur DKI. Kita juga komunikasi dengan PSI. Sia pun [sosok cawagub] kita terbuka," ujar dia di kantor DPW PKB DKI Jakarta, Rabu (12/6/2024).

Peluang putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut maju dalam Pilkada tingkat provinsi memang sudah terbuka. Kaesang mendapat karpet merah dari Mahkamah Agung yang merevisi PKPU nomor 9 tahun 2020 tentang Pilkada.

Dalam aturan tersebut, MA mengubah syarat batas usia minimal 30 tahun bagi cagub dan cawagub dihitung saat pelantikan, bukan saat pendaftaran di KPU. Jika merujuk pada aturan lama, Kaesang memang tak bisa maju karena masih berusia 29 tahun 7 bulan saat batas pendaftaran di KPU pada 27-29 Agustus 2024.