Logo Bloomberg Technoz

Sudah 16 Bulan, Kata Panglima Soal Penyanderaan Pilot Susi Air

Muhammad Fikri
12 June 2024 16:10

Kondisi pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang masih disandera OPM. (Tangkapan Layar Video/ Dok. TNPPB)
Kondisi pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang masih disandera OPM. (Tangkapan Layar Video/ Dok. TNPPB)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens sudah berada dalam penyanderaan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua lebih dari 16 bulan. Upaya pembebasan pilot asal Selandia Baru tersebut juga belum nampak signifikan karena pemerintah dan TNI mengklaim akan mengutamakan pendekatan dialog.

Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto mengatakan, pemerintah pusat dan daerah masih terus melakukan berbagai upaya untuk membebaskan Philip dari KKB pimpinan Egianus Kogoya. Dia mengklaim, Kementerian Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan, Kepolisian, dan pemda setempat terus melakukan sejumlah pendekatan.

"Kita upayakan segera bebas" kata Agus di Kompleks DPR, Rabu (12/6/2024).

KKB Egianus Kogoya menangkap Philip Mark saat mendaratkan pesawat Susi Air dengan nomor registrasi PK-BVY di Lapangan Terbang Paro pada 7 Februari 2023. KKB melakukan perusakan pada pesawat dan membawa Philip ke hutan di pegunungan Nduga, Papua Pegunungan.

Egianus cs sempat beberapa kali merilis kondisi dan keberadaan Philip selama masa penyanderaan. Mereka juga berulang kali mengirimkan ancaman akan membunuh pilot tersebut untuk mendapatkan uang tebusan.