Logo Bloomberg Technoz

Klaster Jamu Binaan BRI Ini Sukses Berdayakan Ibu-Ibu Palembang


Dok: BRI
Dok: BRI

Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berkomitmen untuk terus mendampingi dan memberdayakan pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) melalui program Klasterku Hidupku. Klasterku Hidupku merupakan wadah bagi para pelaku UMKM untuk terus mengembangkan bisnisnya.

Klaster Usaha Jamu Bintara yang terletak di Kelurahan Kutobatu, Kecamatan Ilir Timur 3, Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi salah satu klaster yang mendapatkan pendampingan dan pemberdayaan dari BRI. Klaster Usaha Jamu Bintara berhasil memberdayakan para ibu-ibu untuk membantu perekonomian keluarga.

Kisah ini berawal dari minat masyarakat Palembang yang masih gemar mengkonsumsi jamu tradisional. Mereka percaya bahwa jamu memiliki banyak manfaat seperti bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh, menjaga kadar kolesterol, membantu meningkatkan nafsu makan, dan mengatasi berbagai macam keluhan mulai dari batuk berdahak, sakit kepala sampai wasir.

Menangkap adanya peluang usaha atas kepercayaan tersebut, ibu-ibu di sana mulai menekuni usaha jamu. Mereka memproduksi jamu dari dapur rumahnya masing-masing. Soal rasa, jamu buatan warga Kampung Nyamu Bintara ini tidak bisa dipandang remeh. Meski pembuatannya masih tradisional, peramu jamu di sana mampu menjaga rasanya tetap otentik. 

Mengenai kualitas, jamu produksi warga Kampung Nyampung Bintara ini tak perlu diragukan. Menggunakan rempah-rempah tanpa campuran zat kimia apapun, ramuan herbal ini diyakini moncer untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak pelak, usaha jamu ini pun menjadi bisnis yang turun temurun.