Logo Bloomberg Technoz

Bertemu Blinken, Prabowo Bahas Gencatan Senjata Permanen di Gaza

Mis Fransiska Dewi
12 June 2024 15:10

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS, Anthony John Blinken di Yordania. (Dok Kemhan RI)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS, Anthony John Blinken di Yordania. (Dok Kemhan RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony John Blinken di Amman, Yordania. Dalam pertemuan tersebut, Prabowo menyatakan dukungan Indonesia terhadap usulan Presiden AS, Joe Biden soal Resolusi Dewan Keamanan PBB 2735 dengan proposal tiga fase gencatan senjata permanen di Gaza. 

“Gencatan senjata yang segera, penuh, dan menyeluruh sangat penting untuk menghidupkan kembali proses perdamaian," kata Prabowo dikutip dalam rilis Kementerian Pertahanan, Rabu (12/6/2024).  

Prabowo juga mengatakan, Indonesia mendukung upaya AS, Mesir, dan Qatar untuk memastikan perundingan Israel dan Hamas tetap berjalan hingga terwujudnya gencatan senjata permanen. 

Selain itu, Indonesia juga mendorong semakin kuatnya dukungan internasional bagi Palestina untuk mewujudkan status kenegaraan, memperkuat pemerintahan, hingga meraih keanggotaannya di PBB.

Dalam pertemuan tersebut, Blinken pun memberikan apresiasi terhadap Indonesia dalam upaya mendukung gencatan senjata di Gaza. Dia juga menyampaikan komitmen pemerintah AS untuk tetap menjaga kemitraan strategis komprehensif dengan Indonesia.