Logo Bloomberg Technoz

Untuk pengobatan stem cell sendiri disebut terbilang mahal. Bahkan diperkirakan harganya mencapai ratusan juta rupiah. "Kalau harga cukup tinggi, bisa sampai (mungkin ratusan juta)," katanya.

Lebih lanjut Dokter Aru menjelaskan bahwa pengobatan stem cell telah digunakan di rumah sakit Tanah air terutama di rumah sakit pendidikan.

Untuk efek samping saat ini pada pasien yang menjalani pengobatan stem cell masih dalam penelitian.

"Menunggu hasil-hasil riset yang komperehensif untuk melihat efek sampingnya di masa depan. Saat ini kelihatannya aman-aman saja penggunaanya,"jelasnya.

Penjelasan Kemenkes

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, Kementerian Kesehatan RI, dr Siti Nadia Tarmizi bahwa  pengobatan stem cell sudah mendapatkan pengakuan karena masuk dalam UU Nomor 17 tahun 2023.

Dalam UU nomor 17 tahun 2023 pada pasal 135 berbunyi pada ayat (1) terapi berbasis sel punca dapat dilakukan apabila terbukti keamanan dan kemanfaatannya. 

Kemudian pada ayat (2) terapi berbasis sel dan atau sel punca sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan untuk penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan.

Lalu, pada ayat (3) terapi berbasis sel dan atau sel punca sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilarang untuk reproduksi. Dan pada ayat (4) sel punca sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak boleh berasal dari sel punca embrionik.

(dec/spt)

No more pages