Logo Bloomberg Technoz

Di KTT Yordania, Prabowo Bicara Solusi Riil atas Konflik di Gaza

Redaksi
12 June 2024 15:40

Prabowo Subianto, presiden terpilih Indonesia, berbicara pada Dialog IISS Shangri-La di Singapura, pada Sabtu (1/6/2024)./Bloomberg-Ore Huiying
Prabowo Subianto, presiden terpilih Indonesia, berbicara pada Dialog IISS Shangri-La di Singapura, pada Sabtu (1/6/2024)./Bloomberg-Ore Huiying

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pertahanan sekaligus Presiden terpilih RI, Prabowo Subianto menyatakan bahwa solusi riil untuk penyelesaian konflik yang sedang berlangsung di Gaza adalah kemerdekaan bagi Palestina.

Demikian disampaikan Prabowo mewakili Presiden RI Joko Widodo pada konferensi tingkat tinggi (KTT) Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza (Seruan untuk Bertindak: Tanggap Darurat Kemanusiaan untuk Gaza) di Amman, Yordania, Selasa (11/6/2024).

“Pemerintah dan rakyat Indonesia mendukung penuh kemerdekaan Palestina sebagai solusi riil bagi konflik di Gaza,” tegas Prabowo dilansir dari laman Kemhan RI, Rabu (12/6/2024).

Dalam pidatonya, Prabowo menyampaikan rasa terima kasih kepada Yordania, Mesir, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang telah menyelenggarakan pertemuan tersebut.

Prabowo juga menyorot negara-negara yang menganggap diri mereka negara modern dan beradab, tetapi melakukan pelanggaran terhadap hukum humaniter internasional dengan menargetkan warga sipil dan infrastruktur sipil. Untuk itu, Pemerintah Indonesia mendesak penghormatan terhadap aturan hukum humaniter internasional.