Logo Bloomberg Technoz

Bahlil Akui Belum Ada Investor Asing Masuk IKN, Ini Masalahnya

Pramesti Regita Cindy
12 June 2024 16:50

Titik Nol pemerintahan pusat di IKN Nusantara diPenajam Paser Utara, Kamis, 21 September 2023. (Dok: Dimas Ardian/Bloomberg)
Titik Nol pemerintahan pusat di IKN Nusantara diPenajam Paser Utara, Kamis, 21 September 2023. (Dok: Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengakui belum ada investor asing yang masuk ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Walhasil, seluruh fasilitas dan infrastruktur di IKN pada tahap pertama ini selain didanai oleh APBN, juga melalui penanam modal dalam negeri (PMDN).  

"Kalau ditanya kenapa belum ada investasi asing? Desain kita itu adalah klaster pertama ini selesai, yang disebut dengan jalan utama ya, lingkaran satu. Sudah selesai, baru masuk investasi asingnya itu di lingkaran kedua, tahap kedua," jelas Bahlil dalam Rapat dengan Komisi VI DPR RI, dikutip Rabu (12/6/2024).

"Sekarang mereka belum bisa lakukan [groundbreaking] karena infrastruktur di klaster pertama ini belum selesai 100%, dan sekarang masih kita lakukan percepatan," sambungnya. 

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

Sehabis Agustusan

Di satu sisi, Bahlil mengeklaim sudah menjalin komunikasi dengan pemodal asing yang berminat berivestasi di IKN Nusantara. Namun, Bahlil menekankan bahwa mereka baru mulai bisa membangun setelah 17 Agustus, atau upacara kemerdekaan Indonesia digelar di IKN.