Logo Bloomberg Technoz

TikTok Shop & Tokopedia Merger, 450 Pekerja Dikabarkan Kena PHK

News
12 June 2024 12:40

ByteDance. (Dok: Bloomberg)
ByteDance. (Dok: Bloomberg)

Olivia Poh dan Zheping Huang - Bloomberg News

Bloomberg, ByteDance Ltd memangkas sekitar 450 pekerja di cabang e-commerce-nya di Indonesia dalam putaran pertama pemangkasan sejak menggabungkan TikTok Shop dengan saingan lokalnya, Tokopedia, pada Januari.

Pengurangan tersebut, yang setara dengan sekitar 9% dari jumlah karyawan perusahaan, akan dimulai secepatnya pada bulan ini, menurut orang-orang yang mengetahui masalah ini. Jumlah finalnya masih dalam pembahasan dan dapat berfluktuasi seiring dengan perubahan kondisi, kata orang-orang tersebut.

Pemangkasan ini menandakan bahwa raksasa media sosial asal China ini sedang melakukan perombakan terhadap operasi e-commerce-nya di Indonesia, yang bertujuan untuk mengurangi biaya setelah menggabungkan TikTok Shop dengan Tokopedia milik GoTo Group dalam sebuah kesepakatan senilai US$1,5 miliar.

Indonesia adalah salah satu pasar paling awal untuk ambisi e-commerce ByteDance--dan sejauh ini merupakan yang terbesar--tetapi persaingannya sangat ketat dengan para pesaingnya seperti Shopee milik Sea Ltd dan Lazada milik Alibaba Group Holding Ltd.