Logo Bloomberg Technoz

Akses yang tidak diizinkan bisa menyebabkan berbagai masalah, mulai dari penyalahgunaan informasi pribadi hingga potensi pencurian data. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk mengetahui cara mengeluarkan akun WA dari perangkat lain yang sudah tidak digunakan.

Aplikasi grup Meta, WhatsApp, Facebook, FB Messenger, Instagram. (Dok: Bloomberg)

Cara Menghilangkan Perangkat Tertaut pada WhatsApp

Langkah-langkah Menghapus Perangkat Tertaut

1. Buka Menu Settings (Setelan)

Pertama, buka aplikasi WhatsApp di ponsel utama Anda. Kemudian, klik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas untuk membuka menu pengaturan (Settings).

2. Pilih Menu Linked Device (Perangkat Tertaut)

Setelah masuk ke menu pengaturan, cari dan pilih opsi "Linked Device" atau "Perangkat Tertaut". Di sini, Anda akan melihat daftar semua perangkat yang telah login menggunakan akun WhatsApp Anda.

3. Periksa Daftar Perangkat Tertaut

Di menu Linked Device, Anda akan disajikan daftar semua perangkat yang telah login menggunakan akun WhatsApp Anda, beserta informasi kapan akun WhatsApp terakhir kali aktif di masing-masing perangkat.

4. Log Out dari Perangkat Tertaut

Untuk mengeluarkan akun WhatsApp dari perangkat lain, klik salah satu perangkat yang ingin Anda log out, kemudian pilih opsi "Log Out". Akun WhatsApp Anda akan dikeluarkan secara otomatis dari perangkat tersebut.

Tips Menjaga Keamanan Akun WhatsApp

Periksa Perangkat Tertaut Secara Berkala

Rutin memeriksa perangkat yang tertaut pada akun WA Anda sangat penting untuk memastikan tidak ada perangkat asing yang memiliki akses ke akun Anda.

Hindari Login di Perangkat Asing

Sebisa mungkin, hindari login akun WA di perangkat yang bukan milik pribadi. Jika terpaksa, pastikan untuk segera log out setelah selesai menggunakan.

Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

WhatsApp juga menyediakan fitur verifikasi dua langkah yang bisa menambah lapisan keamanan pada akun Anda. Aktifkan fitur ini untuk memastikan hanya Anda yang bisa mengakses akun WA.

Menghilangkan perangkat tertaut pada WhatsApp adalah langkah penting untuk menjaga keamanan akun dari akses yang tidak diizinkan. Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat dengan mudah melindungi akun WA Anda dari potensi peretasan. Jangan lupa untuk rutin memeriksa perangkat tertaut dan selalu log out dari perangkat asing setelah selesai menggunakan.

(wep)

No more pages