Logo Bloomberg Technoz

Cara Menghilangkan Perangkat Tertaut pada WhatsApp

Redaksi
12 June 2024 12:10

Aplikasi pesan singkat dan media sosial WhatsApp. (Dok: Bloomberg)
Aplikasi pesan singkat dan media sosial WhatsApp. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - WhatsApp, atau sering disingkat WA, adalah salah satu aplikasi perpesanan paling populer di dunia. Namun, banyak pengguna yang belum memahami semua fitur yang ditawarkan, termasuk cara mengelola perangkat tertaut untuk menjaga keamanan akun mereka.

Dalam artikel ini, akan dibahas secara lengkap cara menghilangkan perangkat tertaut pada WhatsApp untuk memastikan akun Anda tetap aman dari akses yang tidak diizinkan.

Apa Itu Perangkat Tertaut di WhatsApp?

Fitur Perangkat Tertaut

WhatsApp memiliki fitur bernama "Linked Device" yang memungkinkan pengguna untuk login akun WA dari aplikasi WhatsApp di ponsel sebagai perangkat utama ke berbagai perangkat tambahan, seperti laptop, komputer, dan ponsel sekunder. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengakses WA dari berbagai perangkat dengan mudah.

Keuntungan Fitur Perangkat Tertaut

Fitur ini memudahkan pengguna untuk tetap terhubung dengan akun WA mereka di berbagai perangkat. Misalnya, Anda bisa menggunakan WhatsApp Web di laptop atau komputer untuk mengetik pesan lebih cepat atau menggunakan WhatsApp di ponsel sekunder ketika ponsel utama sedang diisi daya.

Risiko Keamanan Perangkat Tertaut

Potensi Celah Keamanan

Meski memudahkan, fitur Linked Device bisa menjadi celah bagi peretas. Pengguna mungkin saja lupa telah login akun WA di perangkat asing yang bukan miliknya. Akibatnya, akun WA bisa diakses oleh orang lain tanpa izin.

Dampak Akses Tak Diizinkan